Foto Bersama Keberlanjutan Kerjasama FKIK ULM dan FK UHO

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Lambung Mangkurat menerima Kunjungan dari Fakultas Kedokteran  Universitas Halu Oleo (FK UHO) dalam rangka penandatanganan perjanjian kerjasama.  Pertemuan ini ditandai dengan penandatanganan dokumen perjanjian kerjasama dan pemberian cinderamata oleh kedua belah pihak secara luring di Ruang Rapat Senat Fakultas Kedokteran ULM pada Jumat 1 Desember 2023. Dihadiri oleh Dekan FKIK ULM  Dr. dr. Istiana, M.Kes., Dr. dr. Meitria Syahadatina Noor, M.Kes selaku Wakil Dekan Bidang Umum & Keuangan, Dr. dr. Muhammad Ali Faisal, M.Sc, Sp.M selaku Koordinator Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Program Profesi, dr. Nila Nirmalasari, M.Sc, Sp.F, M.H selalu dosen Ilmu Kedokteran Kehakiman dan Tim dari FK UHO. 

Kerjasama antara perguruan tinggi dan industri sangat penting dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif dan berkualitas. Perguruan tinggi memiliki tugas besar dalam memberikan pendidikan dan penelitian yang berkualitas serta mempersiapkan lulusan yang siap bekerja dan memahami dunia industri. Sementara industri memiliki tanggung jawab untuk membantu menciptakan lapangan kerja dan memperkuat ekonomi negara. Melalui Merdeka Belajar Kampus Merdeka, perguruan tinggi dan industri bisa bekerjasama dalam memperkuat program pendidikan dan penelitian, mempromosikan inovasi dan penerapan teknologi terbaru serta mempersiapkan lulusan yang siap bekerja dan memahami dunia industri. Ini akan membantu meningkatkan daya saing lulusan dan mempersiapkan mereka untuk menjadi pemimpin di masa depan.

Penandatanganan perjanjian kerja sama operasional (KSO)

Fakultas Kedokteran  Universitas Halu Oleo (FK UHO) melanjutkan kemitraan dengan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Lambung Mangkurat. Kerjasama ini dilakukan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama operasional (KSO) oleh Dekan FK UHO, Prof. Dr. dr. Juminten Saimin, Sp.OG (K) dan Dekan FKIK ULM, Dr. dr. Istiana, M.Kes. Penandatanganan ini merupakan keberlanjutan kerja sama antara FK UHO dan FKIK ULM yang telah dilakukan sejak tahun 2021 FK UHO telah mengirimkan mahasiswa ke FKIK ULM untuk melaksanakan Kepaniteraan Klinik di Departemen Forensik dan Medikolegal.

Dekan FKIK ULM menyampaikan bahwa kerja sama ini menunjukkan sinergitas dalam memajukan pendidikan kedokteran di Indonesia dapat berjalan dengan baik. Kegiatan ini ditutup dengan pemberian cinderamata dari kedua belah pihak. Dekan FK UHO menyampaikan bahwa  kerja sama kedua belah pihak merupakan implementasi dari semangat bersama untuk mewujudkan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang sangat penting bagi Perguruan Tinggi. Pada kerja sama Tri Dharma Perguruan Tinggi bidang pendidikan ini, dilakukan juga monitoring dan evaluasi khususnya pada Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Program Profesi yang telah melakukan  pengiriman mahasiswa FK UHO ke FKIK ULM untuk melaksanakan Kepaniteraan Klinik di Departemen Forensik dan Medikolegal.

Nama Penulis : Aulia Mayrina Rahmi, S.Kom 

Prodi : Pendidikan Profesi Dokter Program Profesi FK ULM

Nama Editor : dr. Nika Sterina Skripsiana, M.Kes

Tanggal Penulisan : 06 Desember 2023