Pelaksanaan OSCE UKMPPD Nasional

 

Banjarmasin – Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Program Profesi Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (PSPPDPP FK ULM) menyelenggarakan OSCE UKMPPD Nasional setelah sebelumnya telah dilaksanakan Try Out OSCE Internal. Objective Structured Clinical Examination atau yang lebih dikenal sebagai Ujian OSCE adalah ujian yang bersifat psikomotor untuk melihat keterampilan individu mahasiswa setelah melewati masa rotasi klinik di rumah sakit. Ujian OSCE UKMPPD Nasional diselenggarakan dalam kurun waktu 4 kali dalam 1 tahun. Sebagai salah satu bagian dari UKMPPD (Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter) OSCE UKMPPD dilakukan secara langsung dengan menggunakan Pasien Standar, suatu metode untuk menguji kompetensi klinik secara objektif dan terstruktur dalam bentuk putaran station dengan waktu tertentu. OSCE UKMPPD dilakukan untuk menilai pengetahuan, skill, clinical judgement, dan perilaku profesional peserta. Peserta yang lulus dalam ujian OSCE UKMPPD Nasional akan mendapatkan gelar Dokter (dr.). Syarat utama untuk dapat mengikuti OSCE UKMPPD adalah setiap mahasiswa kedokteran harus menyelesaikan pendidikan preklinik, klinik, dan telah dinyatakan lulus. 

OSCE Nasional periode kali ini dilaksanakan pada Sabtu & Minggu tanggal 18-19 November 2023 yang terdiri dari 3 sesi dan bertempat di Ruang Skills Laboratorium lantai 3 Fakultas Kedokteran ULM Banjarmasin. Total peserta yang mengikuti OSCE berjumlah 30 mahasiswa PSPPDPP dengan 13 penguji, 3 penguji siaga dan 3 pelatih pasien yang semuanya merupakan staff pengajar Fakultas Kedokteran ULM. Penyelia Pusat (PP) yang hadir pada OSCE UKMPPD ini adalah dr. Suryani Yulianti, M.Kes dari Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) serta didampingi oleh staff pengajar Fakultas Kedokteran ULM dr. Hendra Wana Nur’amin, M.Sc, SpPD sebagai KOC (Koordinator OSCE Center). 

Persiapan telah dilakukan sebelum OSCE UKMPPD berlangsung, di mulai H-2 persiapan uji koneksi VPN, penyiapan perangkat WS, perangkat Timer, pengeras suara, setting ruangan dan laptop yang akan digunakan oleh penguji serta memastikan kelancaran jaringan internet yang akan digunakan selama ujian OSCE UKMPPD berlangsung. Persiapan sistem yang akan digunakan pada saat ujian OSCE UKMPPD dimulai dari setting computer  menggunakan router mikrotik yang disetting dengan VPN yang diberikan oleh kemdikbud, tujuannya adalah agar halaman ujian lebih aman bersifat private koneksi (hanya jaringan internet yang mendapat koneksi VPN dari kemdikbud yang dapat mengakses halaman ujian). Jaringan komputer yang digunakan harus satu unit alat pengelola jaringan router dan dikonfigurasi dengan route hanya ke satu server VPN kemendikbud, sama halnya dengan gateway. IP Address ditentukan oleh panitia ujian dengan minimal bandwidth untuk kebutuhan ujian OSCE adalah 10 Mbps, serta memiliki cadangan provider yang bebeda dari koneksi utama tetapi hanya satu IP DNS yang terpasang di client yaitu IP gateway VPN.

Persiapan H-1 brifieng di mulai dari brifieng peserta oleh KOC, briefing laboran, pengecekan kesiapan lokasi ujian oleh PP, briefing pasien standar, briefing penguji oleh PP dilanjutkan simulasi penggunaan CBS bagi penguji, pengecekkan kelengkapan berksas QR code dan diakhiri penutupan lokasi ujian. Pada hari H Pelaksanaan OSCE UKMPPD Nasional peserta ujian sudah berkumpul pukul 06:00 WITA di ruang karantina, kemudian peserta ujian mulai menjalani ujian pada pukul 08:00 WITA. Peserta akan memasuki 13 station ujian dan 2 rest (istirahat), dengan bergantian memasuki station sampai semua peserta memasuki seluruh station. Setiap station terdapat penguji, laboran, pasien standar dan soal yang berbeda beda. Penilaian ujian OSCE UKMPPD berdasarkan pada beberapa komponen kompetensi penilaian. Peserta diuji dengan materi yang sama dan dalam waktu yang terbatas tiap stationnya. Setelah selesai pelaksanaan ujian peserta diminta untuk mengisi feedback ujian, lalu setelahnya diperkenankan untuk pulang. Kegiatan OSCE UKMPPD Nasional ini telah berlangsung dengan lancar dan sukses, semoga seluruh peserta OSCE mendapatkan hasil yang maksimal. (AMR/NSS)

 

Nama Penulis : Aulia Mayrina Rahmi, S.Kom 

Prodi : Pendidikan Profesi Dokter Program Profesi FK ULM

Nama Editor : dr. Nika Sterina Skripsiana, M.Kes

Tanggal Penulisan : 23 November 2023