Pelaksanaan Try Out OSCE

Banjarmasin – Dalam rangka persiapan menghadapi Objective Structured Clinical Examination (OSCE) Nasional Batch 4 tahun 2023, mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Program Profesi FK ULM yang merupakan kandidat peserta ujian menjalani proses Try Out OSCE. OSCE yang merupakan salah satu bagian dari UKMPPD (Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter) merupakan uji kompetensi yang dilakukan secara langsung dengan Pasien Standar, yaitu suatu metode untuk menguji kompetensi klinik secara objektif dan terstruktur dalam bentuk putaran station dengan waktu tertentu. Setelah mengikuti Yudisium Prodi Pendidikan Profesi Dokter Program Profesi, maka mahasiswa dapat mengikuti Try Out OSCE Internal untuk menyiapkan para kandidat yang akan mengikuti OSCE Nasional.

Pelaksanaan Try Out OSCE Internal batch 4 terdiri dari 2 sesi yang dilaksanakan pada tanggal 14 November 2023, bertempat di Ruang Skills Laboratorium lantai 3 Fakultas Kedokteran ULM Banjarmasin. Kegiatan ini dilaksanakan dari pukul 09.00 sampai dengan 12.15 WITA. Adapun persiapan yg dilakukan oleh panitia sebelum kegiatan Try Out OSCE dilaksanakan meliputi persiapan penguji, pasien standar, setting ruangan dan laptop yang akan digunakan oleh penguji serta memastikan kelancaran jaringan internet yang akan digunakan selama Try Out OSCE berlangsung. Persiapan sistem yang akan digunakan pada saat Try Out OSCE dimulai dari setting komputer H-3 menggunakan router mikrotik yang disetting dengan VPN yang diberikan oleh Kemdikbud, tujuannya adalah agar halaman ujian lebih aman bersifat private koneksi (hanya jaringan internet yang mendapat koneksi VPN dari Kemdikbud yang dapat mengakses halaman ujian). Alamat IP Address ditentukan oleh panitia ujian dan minimal bandwidth untuk kebutuhan Try Out OSCE adalah 10 Mbps, serta memiliki cadangan provider yang berbeda dari koneksi utama.

Try Out OSCE Batch 4 diikuti oleh 30 mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Program Profesi dengan total 13 penguji, 3 penguji siaga dan 3 pelatih pasien simulasi. Peserta menjalani Try Out OSCE dengan menyelesaikan tugas pada station yang berurutan. Peserta akan diobservasi dan dinilai oleh penguji pada 12 station dengan 12 topik yang berbeda-beda dan waktu yang diberikan adalah 15 menit di setiap station. Para peserta ujian diwajibkan untuk mempraktekkan skill sesuai Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI), diuji mengenai kemampuan menginterpretasikan data atau materi klinik serta menjawab pertanyaan lisan.

Ujian dimulai pukul 09.00 WITA. Mahasiswa berhadir 1 jam sebelum ujian dimulai yaitu pukul 08.00 WITA, berkumpul di Laboratorium Histologi sebagai ruang karantina peserta. Secara bersamaan pada pukul 08.00 WITA para penguji, pelatih pasien standar dan seluruh komponen ujian memasuki ruang skills lab. Kemudian para penguji mulai membaca soal dan pelatih pasien mempersiapkan pasien standar. Pada pukul 08.45 WITA, para peserta mulai memasuki ruang ujian. Tepat pada pukul 09.00 WITA ujian dimulai dengan total 12 buah station dan 2 buah rest. Ujian berakhir pada pukul 12.30 WITA kemudian para peserta diarahkan ke Laboratorium Histologi untuk mengisi feedback setelah mengikuti kegiatan Try Out OSCE. 

Dengan dilaksanakannya Try Out Internal OSCE diharapkan peserta menjadi lebih siap dalam menghadapi Ujian OSCE UKMPPD Nasional yang selanjutnya akan dilaksanakan pada tanggal  18-19 November 2023 mendatang. (AMR/NSS).

 

Nama Penulis : Aulia Mayrina Rahmi, S.Kom 

Prodi : Pendidikan Profesi Dokter Program Profesi FK ULM

Nama Editor : dr. Nika Sterina Skripsiana, M.Kes

Tanggal Penulisan : 15 November 2023