Foto bersama dosen dan peserta yudisium

Banjarmasin – Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Program Profesi (PSPPDPP) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Lambung Mangkurat (FKIK ULM) telah menyelenggarakan rapat akademik penentuan hasil studi (Yudisium) periode Agustus 2023 dengan jumlah peserta sebanyak 6 orang pada Rabu, 13 Desember 2023. Pelaksanaan Yudisium digelar secara luring di Ruang Rapat Senat lt.6 Fakultas Kedokteran ULM Banjarmasin. Hadir pada kesempatan ini antara lain dr. H. Mohammad Bakhriansyah, M.Kes, M.Med.Ed, M. Sc., Ph.D  selaku Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Kedokteran ULM; Dr. dr. M. Ali Faisal, M.Sc., Sp.M selaku Koordinator Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Program Profesi; dr. Fauzan Muttaqien, Sp.JP-FIHA selaku Sekretaris Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Program Profesi, Kepala Sub. Bagian Akademik dan turut berhadir juga para dosen perwakilan dari Departemen Klinik.

Rangkaian kegiatan yudisium yaitu pembukaan, pembacaan doa, sambutan dan pembukaan yudisium dari Dekan atau yang mewakili, pembacaan transkrip akademik oleh Koordinator Program Studi, pembacaan putusan kelulusan yudisium, kesan dan harapan dari Dekan, Koordinator Program Studi dan perwakilan peserta yudisium dan diakhiri dengan foto bersama.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh dr. H. Mohammad Bakhriansyah, M.Kes, M.Med.Ed, M. Sc., Ph.D  selaku Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Kedokteran ULM, kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan syarat rapat akademik dan transkrip nilai akademik oleh Koordinator Program Studi. Adapun syarat peserta rapat akademik yang dinyatakan lulus menurut buku panduan akademik yaitu:

  1. Mengumpulkan jumlah kredit minimum 44 SKS
  2. Memiliki IPK >= 3,00 
  3. Tidak ada nilai E, D, C dan C+
  4. Memenuhi persyaratan administrasi

Acara selanjutnya yaitu pembacaan putusan lulusan Rapat Akademik yang disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik. “Peserta rapat akademik Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Program Profesi sebanyak 6 orang telah menyelesaikan seluruh kewajiban kepaniteraan klinik dan dinyatakan lulus dalam rapat akademik pada hari ini”

  1. Mohammad Bakhriansyah, M.Kes, M.Med.Ed, M. Sc., Ph.D  selaku Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Kedokteran ULM menyampaikan kesan dan harapan  “Alhamdulillah perjalanan kalian satu langkah lebih maju sebelum ke tahap selanjutnya, tetapi saya ingin mengingatkan tolong diikuti proses pra UKMPPD dengan baik. Saya ucapkan terima kasih kepada dosen dosen klinik yang telah membimbing kalian, tidak hanya pengetahuan dan skill, tetapi etika yang sudah kalian dapatkan dan hal tersebut yang akan menjadi bekal kalian kedepannya. Jangan lupa juga berterima kasih kepada orang tua dan orang-orang yang mendukung kalian hingga sampai di titik ini. Mudah mudahan persiapan ke depan untuk UKMPPD berjalan lancar dan lulus, sekali lagi saya ucapkan selamat.”

Dr. dr. M. Ali Faisal, M.Sc., Sp.M selaku Koordinator Program Studi menyampaikan kesan dan harapan ”Selamat kepada lulusan pada hari ini. Terkait dengan pengisian tracer study memang sangat diperlukan nantinya untuk evaluasi dan akreditasi program studi dan saya harap kalian bisa meluangkan waktu untuk mengisinya. Mengenai UKMPPD saya yakin dengan kemampuan kalian insyaAllah bisa langsung lulus” 

Perwakilan lulusan, Rahmat Dwi Kurniawan menyampaikan kesan dan harapan “Selama menjalani pendidikan tidak hanya lelah mental, fisik dan pikiran tetapi kami juga mendapatkan banyak manfaat seperti skill yang lebih bagus, fisik yang lebih mempuni untuk menjalani kehidupan sehari hari dalam menjadi calon dokter dan harapan saya kedepannya semoga menjadi lebih baik lagi”

Segenap keluarga besar Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Program Profesi mengucapkan selamat dan sukses kepada para lulusan, semoga ilmu yang telah didapatkan dapat diamalkan dengan sebaik baiknya.(AMR/NSS)

Nama Penulis : Aulia Mayrina Rahmi, S.Kom 

Prodi : Pendidikan Profesi Dokter Program Profesi FK ULM

Nama Editor : dr. Nika Sterina Skripsiana, M.Kes

Tanggal Penulisan : 13 Desember 2023