Foto Bersama Para Tamu Undangan dan Mahasiswa Baru

Banjarmasin- Sejumlah 145 mahasiswa baru Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Program Profesi (PSPPDPP) periode Februari 2024 mengikuti kegiatan orientasi (pembekalan) bagi peserta didik yang akan melaksanakan praktik di Rumah Sakit Umum Daerah Ulin (RSUD Ulin) Banjarmasin. Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin, 19 Februari 2024 di Aula Antasari Ulin Tower Lantai 8 RSUD Ulin Banjarmasin.

Rumah Sakit Umum Daerah Ulin adalah rumah sakit kelas A pendidikan yang berada di Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan. RSUD Ulin berdiri tahun 1943 di atas lahan seluas 6,3 ha dengan konstruksi utama terdiri dari bahan kayu Ulin. Ulin adalah kayu yang kokoh, kuat tidak lapuk oleh panas dan hujan yang mungkin hanya berada di pulau Kalimantan. Untuk meningkatkan kemampuan jangkauan dan mutu pelayanan, maka berdasarkan SK Menkes No. 153/Menkes/SK/II/1988 tanggal 16 Februari 1988 tentang persetujuan RSUD Ulin menjadi Rumah Sakit Tipe B Pendidikan, serta Kepmendagri No. 445.420-1279 tahun 1999 tentang Penetapan RSUD Ulin Banjarmasin sebagai Rumah Sakit Pendidikan Calon Dokter Umum dan Calon Dokter Spesialis. Dengan demikian tugas dan fungsi RSUD Ulin selain mengemban fungsi pelayanan juga melaksanakan fungsi pendidikan dan penelitian. Sejalan dengan upaya desentralisasi maka berdasarkan Perda No. 9 tahun 2002 status RSUD Ulin berubah menjadi Lembaga Teknis berbentuk Badan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. RSUD Ulin sebagai RS Pendidikan Utama untuk Fakultas Kedokteran  Universitas Lambung Mangkurat.

Orientasi mahasiswa baru dilaksanakan oleh pihak RSUD Ulin Banjarmasin. Acara ini dihadiri oleh Dr. dr. Istiana, M.Kes  selaku Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan ULM, dr. Diauddin, Pramono, S. ST selaku Plh. Kabid Diklat, M.Kes selaku Direktur RSUD Ulin, Dr. dr. Achmad Rofii, Sp.T.H.T.B.K.L selaku ketua Komkordik RSUD Ulin, Dr. dr. M. Ali Faisal, M.Sc., Sp.M selaku Koordinator Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Program Profesi serta turut berhadir para Dosen Pembimbing Akademik. 

Sambutan pertama disampaikan oleh Dr. dr. Istiana, M.Kes selaku Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan ULM “Pada hari ini kami kembali menyerahkan anak didik kami mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Program Profesi sebanyak 145 mahasiswa, semoga mereka semua bisa bina dan dbimbing dengan sebaik-baiknya sehingga mereka bisa menjadi dokter yang kompeten. Kemudian untuk adik-adik mahasiswa, saya berharap selama berada di RSUD Ulin tolong jaga nama baik FKIK ULM, kemudian hormatilah semua orang yang ada disini, jaga etika dan saya berharap apa yang didapatkan nantinya membawa kebaikan untuk kalian sendiri dan tolong diperhatikan apa saja yang sudah menjadi tugas kalian kerjakan dengan sebaik baiknya, kemudian jika kalian nanti dikirimkan ke Rumah Sakit jejaring silahkan tetap di ikuti dan pesan yang saya berikan tetap sama yaitu tetap jagalah nama baik FKIK ULM”

Selanjutnya sambutan disampaikan oleh dr. Diauddin, M.Kes selaku Direktur RSUD Ulin Banjarmasin. Dalam sambutannya Direktur menyambut baik kedatangan peserta didik. Beliau juga berpesan agar seluruh mahasiswa yang berpraktik di RSUD Ulin dapat mematuhi peraturan RS, senyum, salam dan sapa kepada pasien dan karyawan. Beliau juga berpesan agar para mahasiswa dapat memanfaatkan lahan praktik sebaik baiknya dan menggali semua ilmu yang ada di lahan praktik sebanyak-banyaknya.

Foto bersama Direktur RSUD Ulin, Dekan FKIK, Ketua Komkordik dan Perwakilan Mahasiswa

Rangkaian kegiatan Orientasi Peserta Didik Baru dimulai dengan pembukaan, penyampaian materi “Kesehatan dan Keselamatan Kerja Rumah Sakit (K3RS)” oleh Kepala instalasi K3RS, penyampaian materi “Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI)” oleh Ketua Komite (PPI), penyampaian materi “Komunikasi Efektif’ oleh Tim dari RSUD Ulin, penyampaian materi “ Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP) dan SKP” oleh Ketua Komite Mutu, penyampaian materi “Pelayanan Kefarmasian dan Penggunaan Obat (PKPO) oleh Kepala Instalasi Farmasi, penyampaian materi “Bantuan Hidup Dasar (BHD)” oleh Kepala Instalasi Ambulance 118 dan diakhiri dengan penutup (amr/nss).

Nama Penulis : Aulia Mayrina Rahmi, S.Kom 

Prodi : Pendidikan Profesi Dokter Program Profesi FK ULM

Nama Editor : dr. Nika Sterina Skripsiana, M.Kes

Tanggal Penulisan : 19 Februari 2024