Foto bersama dosen dan peserta yudisium

Banjarmasin – Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Program Profesi (PSPPDPP) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Lambung Mangkurat (FKIK ULM) telah menyelenggarakan rapat akademik (Yudisium) periode Januari 2024 dengan jumlah peserta sebanyak 5 orang pada Rabu, 10 Januari 2024. Pelaksanaan Yudisium digelar secara luring di Ruang Rapat Senat lt.6 Fakultas Kedokteran ULM Banjarmasin. Hadir pada kesempatan ini antara lain dr. H. Mohammad Bakhriansyah, M.Kes, M.Med.Ed, M. Sc., Ph.D  selaku Wakil Dekan Bidang Akademik FKIK ULM,  Dr. dr. M. Ali Faisal, M.Sc., Sp.M selaku Koordinator PSPPDPP, dr. Fauzan Muttaqien, Sp.JP-FIHA selaku Sekretaris PSPPDPP, Kepala Sub. Bagian Akademik, dan turut berhadir juga para dosen perwakilan dari Departemen Klinik.

Rangkaian kegiatan yudisium yaitu pembukaan, pembacaan doa, sambutan dan pembukaan yudisium dari Dekan atau yang mewakili, pembacaan transkrip akademik oleh Koordinator Program Studi, pembacaan putusan kelulusan yudisium, kesan dan harapan dari Dekan, Koordinator Program Studi dan perwakilan peserta yudisium dan diakhiri dengan foto bersama.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh dr. H. Mohammad Bakhriansyah, M.Kes, M.Med.Ed, M. Sc., Ph.D  selaku Wakil Dekan Bidang Akademik FKIK ULM, kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan syarat rapat akademik dan transkrip nilai akademik oleh Koordinator Program Studi. Adapun syarat peserta rapat akademik yang dinyatakan lulus menurut buku panduan akademik yaitu:

  1. Mengumpulkan jumlah kredit minimum 44 SKS
  2. Memiliki IPK >= 3,00 
  3. Tidak ada nilai E, D, C dan C+
  4. Memenuhi persyaratan administrasi

Acara selanjutnya yaitu pembacaan putusan lulusan Rapat Akademik yang disampaikan oleh dr. H. Mohammad Bakhriansyah, M.Kes, M.Med.Ed, M. Sc., Ph.D  selaku Wakil Dekan Bidang Akademik. “Peserta rapat akademik Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Program Profesi sebanyak 5 orang telah menyelesaikan seluruh kewajiban kepaniteraan klinik dan dinyatakan lulus dalam rapat akademik pada hari ini”. Wakil Dekan Bidang Akademik FKIK ULM menyampaikan kesan dan harapan  “Selamat kepada 5 mahasiswa yang sekarang statusnya sudah selesai menjalani program Pendidikan Profesi, tentunya langkah ke depan masih cukup panjang, jadi tolong persiapkan diri kalian dengan baik. Pendidikan kalian tentunya tidak lah mudah karena menguras tenaga, menguras intelektual dan menguras mental tetapi hal tersebut bertujuan untuk mendidik kalian menjadi seorang dokter yang memiliki keilmuan, keterampilan, dan etika yang baik karena bagaimanapun nantinya ketika berpraktik secara mandiri maka etika sangat diperhatikan. Jadi tolong selain keilmuan dan skill yang terus dikembangkan, yang tidak kalah pentingnya adalah etika yang selalu dijaga dan diperbaiki. Teruslah jaga nama baik institusi, Fakultas dan Program Studi. Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada kalian”

Dr. dr. M. Ali Faisal, M.Sc., Sp.M selaku Koordinator Program Studi menyampaikan kesan dan harapan ”Selamat kepada para lulusan hari ini. Capaian-capaian kompetensi tidak hanya skill, intelektual tetapi juga etika juga diajarkan dengan berhadapan langsung dengan pasien. Setelah ini kalian akan menghadapi UKMPPD, saya harap kalian dapat mempersiapkannya dengan baik, semoga semuanya lulus” .

Perwakilan lulusan, Muhammad Hanif Fadillah menyampaikan kesan dan harapan “Mewakili teman teman saya, kami mengucapkan banyak terima kasih atas segala ilmu yang diberikan, semoga ilmunya dapat kami amalkan dengan sebaik mungkin. Jika selama menjalani pendidikan ini ada hal-hal jika yang kurang berkenan kami meminta maaf. Terakhir kami memohon doa agar kedepannya kami mendapat berkah dan diberikan yang terbaik”

Segenap keluarga besar Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Program Profesi mengucapkan selamat dan sukses kepada para lulusan, semoga ilmu yang telah didapatkan dapat diamalkan dengan sebaik baiknya.(AMR/NSS)

Nama Penulis : Aulia Mayrina Rahmi, S.Kom 

Prodi : Pendidikan Profesi Dokter Program Profesi FKIK ULM

Nama Editor : dr. Nika Sterina Skripsiana, M.Kes

Tanggal Penulisan : 10 Desember 2023